Satu dari Dua Pria Akan Mengalami Impotensi

Katanya sih, pria memikirkan seks setiap tujuh detik. Tetapi fakta ini diruntuhkan oleh studi baru yang diadakan oleh Relate. Makin banyak pria yang ternyata malah kehilangan libido.

Terapis psikoseksual dari Relate, Nina Bryant, mengakui bahwa masalah ini makin meningkat, dan mengancam hubungan pria dan wanita.

“Ketika saya mulai masuk ke dunia ini, jarang sekali ada pria yang melaporkan kehilangan gairahnya dalam seks,” ujar perempuan yang berpengalaman selama 18 tahun ini. “Sekarang jumlahnya menjadi sepertiga dari seluruh kasus yang saya tangani.”

Ada alasan khusus yang dikemukakan pada spesialis seks mengenai fenomena ini. Beberapa meyakini bahwa pria lebih mampu menyatakan perasaannya (dibandingkan dengan generasi sebelumnya), sementara yang lain merasa pria makin tertekan dengan tanggung jawabnya di dunia yang semakin berkembang ini.

“Kami mengharapkan yang lebih banyak dari pria saat ini,” ujar Petra Boynton, psikologi relasi dan seks. “Mereka tak hanya dituntut menjadi pencari nafkah, tetapi juga ayah yang cekatan, sekaligus suami yang mampu memberikan orgasme untuk istrinya.”

Pria selalu dianggap berpengalaman soal seks sejak masa puber, namun dalam kenyataannya, dorongan seks pria berfluktuasi untuk penyebab apa pun. Bisa dikarenakan stres, ketidakbahagiaan, kelelahan, atau berada di bawah tekanan saat bekerja.

Mengenai fenomena ini, Bryant mengakui bahwa berfokus pada seks bukanlah jalan keluar terbaik yang dapat dilakukan perempuan. “Tak usah membeli sex toys atau semacamnya. Perempuan bisa mencoba merapikan kamar tidur lebih dulu, meskipun hal itu jarang sekali menjadi penyebabnya,” paparnya.

Jika suami terlihat bosan, lebih baik Anda memberitahu pasangan. Tanyakan apakah ada sesuatu yang mengganggu pikirannya. Katakan juga bahwa Anda merindukan suasana romantis di kamar.

Dalam penelitian dikatakan pula bahwa menurut perkiraan, satu dari dua pria akan mengalami impotensi pada beberapa titik dalam hidupnya. Kadang-kadang hal ini merupakan gejala diabetes atau penyakit jantung. Bisa diperparah pula dengan kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Nah, jika kondisi kesehatan suami sebenarnya masih prima, akan lebih baik jika Anda mencari tahu penyebabnya dengan berkonsultasi. Terapis seks profesional sudah terlatih untuk mengangkat masalah yang menjadi akarnya, dan membantu pasangan menemukan hasratnya kembali. Hanya karena Anda sudah menikah 15 tahun, tak berarti hubungan seks menjadi garing kan?

Kompas.com

Pos ini dipublikasikan di Pria dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s